Halaman Awal

tentang GEOMATIKA

    
    Geomatika adalah sebuah istilah ilmiah modern yang berarti pendekatan yang terpadu dalam mengukur, menganalisis, dan mengelola deskripsi dan lokasi data-data kebumian, yang sering disebut sebagai data spasial. Data-data ini berasal dari berbagai sumber, antara lain satelit-satelit yang mengorbit bumi, sensor-sensor laut dan udara, dan peralatan ukur di daratan. Data tersebut diolah dengan teknologi informasi mutakhir menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak komputer.
Geomatika mempunyai aplikasi dalam semua disiplin yang berhubungan dengan data spasial, misalnya studi lingkungan, perencanaan wilayah dan kota, kerekayasaan, navigasi, geologi & geofisika, dan pengelolaan pertanahan. Oleh karena itu geomatika sangat fundamental terhadap semua disiplin ilmu kebumian yang menggunakan data spasial, seperti ilmu ukur tanah, penginderaan jauh (foto udara atau dengan gelombang elektromagnetik), kartografi, sistem informasi geografik (SIG), dan global positioning system (GPS).
http://id.wikipedia.org/wiki/Geomatika
    Geomatika adalah bidang ilmu modern yang mengintegrasikan pengumpulan, pemodelan, analisis dan manajemen data spasial (berbasis lokasi). Data spatial didapat melalui pengukuran terestris, laut, wahana angkasa dan sensor-sensor satelit dengan beracuan pada kerangka dasar Geodesi. Termasuk juga proses transformasi data spasial dari berbagai sumber pengukuran ke dalam suatu sistem informasi dengan karakteristik ketelitian yang terdefinisi dengan baik.

     Definisi diatas bersumber kepada University of Calgary yg menjelaskan sbb :
“Geomatics Engineering is a modern discipline, which integrates acquisition, modeling, analysis, and management of spatially referenced data, i.e. data identified according to their locations. Based on the scientific framework of geodesy, it uses terrestrial, marine, airborne, and satellite-based sensors to acquire spatial and other data. It includes the process of transforming spatially referenced data from different sources into common information systems with well-defined accuracy characteristics”.

http://www.geomatika.its.ac.id/lang/en/beranda/apa-itu-geomatika




Geodesi adalah suatu disiplin ilmu kebumian yang mempelajari bumi, termasuk ukuran dan representasinya di atas kertas maupun dalam bentuk tiga dimensi, termasuk besaran gravitasi di permukaan bumi. Geodesi juga mempelajari perubahan bentuk tiga dimensi bumi (misalnya pergeseran gunung kaki, tinggi permukaan laut rata-rata, hingga pergeseran titik magnetik kutub). Dalam melakukan pekerjaannya, ahli geodesi menggunakan suatu jaringan yang disebut dengan datum, koordinat, dan titik kontrol yang tersebar di berbagai tempat. Indonesia pernah mempunyai titik datum itu, di Bogor, di Jakarta, di Yogyakarta, dsb. Namun sedikit yang masih bertahan karena sudah tergantikan dengan sistem geodetik satelit.

Titik datum geodetik yang terkenal ada di dekat Monumen Washington, berbentuk pilar kecil yang dikelilingi lanskap melingkar.

Geomatika adalah disiplin ilmu yang mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan menyajikan data spasial bumi. Geodesi berada di dalam geomatika. Bidang ilmu lain yang berada di dalam geomatika adalah surveying (pengumpulan data dan informasi spasial), pemetaan (pembuatan peta), navigasi (penentuan arah, koordinat, dan jarak), pengindraan jauh (teknik pengambilan data dan informasi spasial dari jarak jauh), fotogrammetri (pengambilan gambar dari udara dan luar angkasa dan menganalisanya), hidrografi (geomatika bawah air), dan GPS.

Jadi, perbedaan geodesi dan geomatika hanya pada ruang lingkup keilmuannya saja. Geomatika merangkul geodesi di dalamnya.
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100924124358AAfqLwk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konco Plek